• SMAN 16 GARUT
  • Terbentuknya Pelajar yang Berkarakter, Berinovasi & Berani Unggul (BERKIBAR)

Panen Karya dari Pasukan Hebat Bijak Sampah SMA Negeri 16 Garut (Implementasi Kurikulum Merdeka)

oleh Sipa Setiapani, S.S.

Satu hal yang tidak bisa dipungkiri dan menjadi salah satu masalah di Indonesia adalah sampah. Dilansir dari databoks, produksi sampah di Indonesia menjadi yang tertinggi di Asia Tenggara, yakni 20,93 juta ton sampah dihasilkan setiap tahunnya. Hal tersebut tentu sangat memprihatinkan.

SMA Negeri 16 Garut sebagai salah satu sekolah penggerak memilih satu tema dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila untuk mengatasi masalah tersebut, yakni “Gaya Hidup Berkelanjutan”. Dari tema tersebut dipilihlah pengolahan sampah organik dan anorganik untuk projeknya. Pada artikel sebelumnya telah dijelaskan tentang Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang diterapkan di sekolah SMA Negeri 16 Garut. Berikut ini adalah link untuk membaca artikelnya https://sman16garut.sch.id/read/13/pembentukan-pelajar-yang-berkarakter-berinovasi-dan-berani-unggul-berkibar-melalui-kegiatan-projek-penguatan-profil-pelajar-pancasila.

Kegiatan panen karya ini merupakan tahap terakhir dari program P5 pada kurikulum merdeka. Hasil karya para siswa tersebut dipamerkan pada Kamis, 3 November 2022. Sebelumnya, pada Senin s.d. Rabu, para siswa mempersiapkan untuk acara pameran, dari mulai pembuatan logo, pengemasan, hingga menghias stand pameran semenarik mungkin. Para wali kelas sebagai fasilitator pun ikut ambil bagian dalam mempersiapkan acara pameran tersebut.

Ada hal yang menarik dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMA Negeri 16 Garut ini, yakni pemilihan judul yang diambil. Judul yang dipilih adalah Pasukan Hebat Bijak Sampah. Bu Intan Ayu Khaerunnisa, S.Pd.Gr. sebagai sekretaris program P5 menjelaskan bahwa pasukan hebat artinya sekelompok orang yang melakukan kegiatan hebat (dahsyat), kegiatan hebat itu adalah bijak dalam memilah dan mengolah sampah, mulai dari mengurangi sampah, memilah saat membuang sampah, sampai kemudian dapat mengolah sampah-sampah tersebut hingga menjadi barang-barang yang unik dan menarik.

Acara ini disambut meriah oleh warga sekolah. Terlihat dari antusiasme para guru serta siswa kelas XI dan XII yang menyaksikan panen karya tersebut, mereka penasaran dengan produk-produk seperti apa yang bisa dibuat dari sampah organik dan anorganik.

Pembukaan panen karya 

Acara panen karya pengolahan sampah ini dimulai pukul 08.00 WIB di lapangan SMA Negeri 16 Garut. Acara tersebut dipandu oleh Ibu Euis Kartini, S.Pd. dan Bapak Ikhsan Taufik Maulana, S.Pd. Sebelum acara dimulai, perwakilan dari kelas X E menampilkan solo vokal yang berjudul “Profil Pelajar Pancasila” dan dari kelas X K menampilkan rampak gendang.

Penampilan rampak gendang

Setelah penampilan solo vokal dan rampak gendang, acara dibuka oleh MC. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh siswa kelas X I. Setelah itu dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh tim paduan suara SMA Negeri 16 Garut. Setelah itu acara dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Bapak H. Dede Kurnia, S.Ag., M.Pd. Setelah selesai pembacaan doa, dilanjutkan dengan pelaporan dari Wakasek Kurikulum, Bapak H. Ahmad Jauhari, S.Pd. dan sambutan dari Bapak Kepala Sekolah, Bapak Sopyan Nurjaman, M.Pd.

Sambutan dari Bapak Kepala Sekolah

Dalam sambutannya, Bapak Kepala Sekolah menyampaikan bahwa sampah adalah masalah kita bersama. “Harapan sekolah, melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di tahap pertama ini, kita akan menjadi lebih bijak lagi dalam mengelola sampah. Sampah bisa diatur, sampah bisa dikelola, sampah pun bisa bermanfaat bagi hidup dan kehidupan kita semua” tuturnya.

Bapak Kepala Sekolah juga mengungkapkan bahwa banyak orang yang sukses secara ekonomi dari sampah. Beliau salut kepada para siswa, ternyata dari sampah bisa menjadi produk-produk yang bernilai estetik dan bernilai ekonomis. Beliau menambahkan ada beberapa produk dari siswa SMA Negeri 16 Garut yang ditampilkan dalam pameran lokakarya guru penggerak di SMAN 1 sangat laku, bahkan sampai sold out. Harapannya, produk-produk yang dipamerkan pada hari ini tidak berhenti sampai di sini, bisa dikembangkan, dan bisa meningkatkan nilai ekonomis untuk para siswa kelas X. Beliau berpesan kepada seluruh siswa harus menjadi siswa yang muda mapan, yakni akronim dari muslim unggul dambaan masa depan. Secara harfiah itu ciri orang yang sukses, masih muda tetapi sudah mapan. Sementara secara akronim memiliki makna yang sangat ‘dalam’, yakni menjadi seorang muslim yang unggul dambaan masa depan.

Setelah acara resmi dibuka oleh Bapak Kepala Sekolah, pemandu acara mempersilahkan kepada para guru untuk mengunjungi setiap stand panen karya P5. Ternyata, para siswa kelas X tidak hanya memamerkan hasil karyanya. Mereka juga menjual makanan olahan dari bahan organik sebagai salah satu tugas dari mata pelajaran PKWU.

Kunjungan ke setiap stand

Tidak hanya para guru yang mengunjungi setiap stand, para siswa kelas XI dan kelas XII pun secara bergiliran mengunjungi setiap stand. Sambil melihat-lihat produk-produk yang dibuat oleh kelas X, perwakilan dari siswa kelas X menyuguhkan kreasi seni, dari mulai solo vokal, tari, sampai pembacaan puisi. Tak ketinggalan SASESI pun ikut berpartisipasi.

Kreasi seni para siswa

Menyaksikan kemeriahan dari kegiatan panen karya ini, Ibu Elis Nurhayati, S.Pd., M.Pd. sebagai guru Biologi dan Pembantu Wakasek Kurikulum menanggapi bahwa implementasi kurikulum merdeka itu ada dua kegiatan, yang pertama adalah kegiatan intrakulikuler dan yang kedua adalah kegiatan projek. “Nah panen karya ini adalah kegiatan projek, seperti yang kitak ketahui bahwa kegiatan projek ini sudah ada beberapa tahapan, dari mulai tahapan pengenalan, tahapan kontekstual, tahapan aksi nyata, refleksi, dan berakhir pada panen karya. Kegiatan ini adalah sebuah tahapan kegiatan yang mana bahwa pesan dari kurikulum merdeka ini pemerintah mengharapkan adanya pemulihan pembelajaran sehingga para siswa dengan sendirinya bisa menggali potensi yang mereka miliki. Secara mandiri para siswa bisa mencari kajian literatur dari berbagai sumber untuk bisa menampilkan dan mengadakan kegiatan ini” tambahnya.

Ibu Elis juga menambahkan kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat positif dalam melatih berbagai macam karakter yang harus dimiliki oleh para siswa, sesuai dengan amanat dalam Profil Pelajar Pancasila. Mudah-mudahan dengan dilaksanakannya kegiatan ini ada harapan para siswa dapat berakhlak mulia terutama akhlak kepada alam, yakni tentang bagaimana menjaga alam supaya menjadi lebih bersih. Selain itu dengan dilaksanakannya kegiatan ini para siswa dilatih untuk bernalar kritis dan kreatif.

Senada dengan apa yang disampaikan oleh Ibu Elis, Ibu Yanti Damayanti, S.T. sebagai koordinator projek merasa sangat bangga atas terselenggaranya kegiatan panen karya ini. Kegiatan panen karya ini dapat terlaksana dengan sukses berkat dukungan dari semua pihak. Mudah-mudahan dengan terselenggaranya kegiatan panen karya ini, tujuan dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dapat tercapai. Selain itu dapat membentuk pelajar yang berkibar (berkarakter, berinovasi, dan berani unggul).

Tak ketinggalan, Ibu Euis Kartini. S.Pd. sebagai wali kelas X E menyampaikan pendapatnya bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat karena dengan program P5 siswa belajar untuk bertanggung jawab, gotong royong, terutama saat membuat produk. Bila dikaitkan dengan mata pelajaran PKWU sangat berhubungan karena siswa belajar berwirausaha melalui perencanaan pembuatan kerajinan dari limbah sampah organik dan anorganik. Dengan kata lain   para siswa sangat antusias  saat pelaksanaan panen karya.

Demikian panen karya pengolahan sampah organik dan anorganik yang telah dilaksanakan di SMA Negeri 16 Garut sebagai implementasi dari kurikulum merdeka. Semoga dapat menginspirasi para pembaca untuk lebih bijak mengolah sampah, baik sampah organik maupun sampah anorganik sehingga menjadi barang yang bermutu dan bernilai jual.

Editor: Isoh Solihah, M.Pd.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Sixteen Challange Batch Two (Eduforia) di SMAN 16 Garut

Oleh Isoh Solihah, M.Pd SMAN 16 Garut sebagai salah satu Sekolah Penggerak di kabupaten Garut pada Tahun Ajaran 2023-2024, selalu berusaha untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan

01/12/2023 10:02 - Oleh Isoh Solihah, M.Pd. - Dilihat 1481 kali
Program Duta Literasi Kameumeut, Lomba Menulis CHPB 16 Garut Sesi Pertama dengan Tema Bebas

Oleh  Fanisa Erliani Editor Isoh Solihah, M.Pd Program Literasi merupakan salah satu program yang terus digalakan oleh Perpustakaan SMAN 16 Garut. Melalui program ini diharapkan

13/10/2023 09:50 - Oleh Isoh Solihah, M.Pd. - Dilihat 681 kali
Panen Karya, Pementasan Drama Bertopik “Cegah Perundungan” sebagai Puncak Kegiatan P5 di SMAN 16 Garut Semester 1 Tahun Ajaran 2023-2024

Oleh Isoh Solihah M.Pd Editor  Elis Nurhayati S.Pd. M.Pd Tahun Ajaran 2023-2024 merupakan tahun kedua SMAN 16 Garut menerapkan Kurikulum Merdeka untuk kelas  XI dan tahun pe

26/09/2023 21:30 - Oleh Isoh Solihah, M.Pd. - Dilihat 1314 kali
Graduation dan Pembagian Ijazah SMAN 16 Garut Angkatan ke 27 Bertema “Siap Jadi Cahaya dengan Semangat Berkibar Jaya”

Oleh : Isoh Solihah, M.Pd Sudah menjadi kata pepatah bahwa di mana ada pertemuan, pasti ada perpisahan. Hal itu bagaikan dua sisi mata uang yang tak terpisahkan. Seperti halnya di SMAN

26/06/2023 15:00 - Oleh Isoh Solihah, M.Pd. - Dilihat 560 kali
Pameran P5 bertema “Berwirausaha dengan Mengangkat Potensi Daerah”

Oleh Isoh Solihah, M.Pd Seperti yang telah disampaikan pada tulisan sebelumnya di website tentang Komunitas Belajar dengan kajian pertama bertopik “Kewirausahaan”, maka alh

15/05/2023 12:00 - Oleh Isoh Solihah, M.Pd. - Dilihat 19655 kali
Peringatan Isro Mi’raj Nabi Muhammad SAW dan Doa Istighosah bagi Siswa Kelas XII

Oleh Isoh Solihah, M.Pd Sebagaimana yang kita ketahui bahwa peristiwa Isro Mi’raj Nabi Muhammad SAW terjadi pada tanggal 27 Rajab. Pada  bulan tersebut sebagian umat Islam s

10/03/2023 20:48 - Oleh Isoh Solihah, M.Pd. - Dilihat 931 kali
Refleksi dan Pameran P5 dengan Tema “Suara Demokrasi”

Oleh: Isoh Solihah M.Pd Seperti yang telah disampaikan pada tulisan sebelumnya di website sekolah bahwa pada Semester Genap sekarang kegiatan P5 untuk kelas X adalah  “Suara

09/02/2023 21:33 - Oleh Isoh Solihah, M.Pd. - Dilihat 103238 kali
Kemeriahan Sixteen Challenge (Gebyar Multi Event) di SMAN 16 Garut

oleh Isoh Solihah, M.Pd Seperti yang telah disampaikan pada informasi sebelumnya di website sekolah, bahwa SMAN 16 Garut akan mengadakan gebyar lomba multi event yang dikemas dalam keg

23/12/2022 00:27 - Oleh Muhaemin Sidiq, S.Pd., M.Pd. - Dilihat 3270 kali
Pemenang Sixteen Challenge 2022

Berikut para pemenang Sixteen Challenge 2022 yang diselenggarakan di SMAN 16 Garut pada tanggal 19 - 22 Desember 2022 dengan peserta dari berbagai kecamatan di Kabupaten Garut. &n

15/12/2022 13:46 - Oleh Muhaemin Sidiq, S.Pd., M.Pd. - Dilihat 267 kali
Sixteen Challenge (Gebyar Multi Event)

oleh Sipa Setiapani SMA Negeri 16 Garut kembali mengadakan acara, setelah sebelumnya mengadakan acara Duta Literasi, Perayaan Sumpah Pemuda, dan Panen Karya P5. Kali ini SMA Negeri 16

01/12/2022 15:42 - Oleh Sipa Setiapani, S.S. - Dilihat 789 kali