• SMAN 16 GARUT
  • Terbentuknya Pelajar yang Berkarakter, Berinovasi & Berani Unggul (BERKIBAR)

Mengubah Fokus Pembelajaran: Dari Mengejar Target ke Menikmati Proses (Refleksi Pendekatan Baru untuk Guru yang Ingin Mengajar dengan Hati)

Oleh Elis Nurhayati, s.Pd. M.Pd

Guru Biologi SMAN 16 Garut

Dalam beberapa tahun terakhir, dunia pendidikan Indonesia mengalami perubahan yang cukup signifikan. Dari kurikulum sebelumnya hingga penyempurnaan kurikulum terbaru, satu hal yang tampak jelas adalah pergeseran cara pandang terhadap proses belajar.

Jika sebelumnya guru berfokus pada Capaian Pembelajaran (CP) sebagai target utama, kini pendekatan tersebut semakin diperdalam. Pembelajaran tidak hanya diarahkan untuk mencapai hasil akhir, tetapi juga untuk memastikan bahwa proses yang dialami siswa dilakukan dengan kesadaran penuh, bermakna, dan menyenangkan.

Dari tujuan akhir, menuju kesadaran proses. Dalam kurikulum sebelumnya, capaian pembelajaran berfungsi sebagai GPS pendidikan. Guru tahu tujuan yang ingin dicapai, lalu menyusun strategi untuk membawa siswa sampai ke titik tersebut melalui suatu alur yang harus ditempuh. Fokusnya adalah hasil. Sekarang, kurikulum mengajak kita masuk lebih dalam.

Tujuan itu penting, tetapi kualitas perjalanan menuju tujuan jauh lebih penting. Guru diharapkan tidak hanya bertanya. Apa yang harus dicapai siswa?” Tetapi juga, Bagaimana proses belajar ini dapat memberi pengalaman yang berkesan bagi siswa?” Perubahan ini mengalihkan pembelajaran dari rutinitas menjadi pengalaman. Pembelajaran harus bermakna, bukan sekadar selesai. Belajar bukan hanya menghafal atau mengerjakan tugas. Belajar adalah mengalami, memahami, dan menemukan makna.

Ketika proses belajar dirancang dengan pengalaman yang relevan, siswa akan terlibat dengan rasa ingin tahu, memahami alasan mengapa mereka mempelajari sesuatu, dan mampu mengaitkannya dengan kehidupan nyata. Siswa tidak lagi belajar karena disuruh, tetapi karena mau. Belajar dengan rasa Bahagia, kenapa penting? Perasaan positif dalam belajar membuat siswa, lebih mudah memahami konsep, lebih percaya diri mencoba hal baru, dan lebih konsisten dalam mencapai tujuan.

Guru pun merasakan dampaknya. Kelas menjadi hidup, diskusi berjalan alami, dan suasana belajar terasa lebih ringan. Guru bahagia, pembelajaran menyenangkan dan siswa berkembang optimal. Sederhana, tetapi luar biasa.

Pergeseran mindset guru. Perubahan kurikulum ini bukan hanya soal dokumen atau format administrasi. Ini adalah perubahan cara berpikir. Dari yang sebelumnya, yang penting tujuan tercapai.” Menjadi yang penting prosesnya bermakna.”

Paradigma ini mengingatkan kita kembali pada esensi Pendidikan. Pendidikan bukan sekadar mencetak nilai, tetapi membentuk manusia. Sebelum memulai pembelajaran, coba tanyakan pada diri kita, Apakah kegiatan belajar ini membuat siswa terlibat atau hanya mengikuti? Apakah saya menciptakan ruang bagi siswa untuk bereksplorasi dan bertanya? Apakah siswa merasa senang dan bangga dengan proses belajarnya?

Karena ketika prosesnya baik, hasil akan mengikuti. Pendekatan pembelajaran yang  baru, mengajak kita melihat bahwa mengajar bukan sekadar menyampaikan materi dan mencapai target, tetapi menciptakan pengalaman belajar yang berkesan. Mari beralih dari mengejar target menjadi menikmati proses. Karena di setiap proses yang bermakna, ada jiwa-jiwa yang sedang ditempa menjadi versi terbaik dirinya.***

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Mengubah Fokus Pembelajaran: Dari Mengejar Target ke Menikmati Proses (Refleksi Pendekatan Baru untuk Guru yang Ingin Mengajar dengan Hati)

Oleh Elis Nurhayati, S.Pd. M.Pd Guru Biologi SMAN 16 Garut Dalam beberapa tahun terakhir, dunia pendidikan Indonesia mengalami perubahan yang cukup signifikan. Dari kurikulum sebelumn

13/11/2025 08:11 - Oleh Isoh Solihah, M.Pd. - Dilihat 27 kali
Mengubah Fokus Pembelajaran: Dari Mengejar Target ke Menikmati Proses (Refleksi Pendekatan Baru untuk Guru yang Ingin Mengajar dengan Hati)

Oleh Elis Nurhayati, s.Pd. M.Pd Guru SMAN 16 Garut Dalam beberapa tahun terakhir, dunia pendidikan Indonesia mengalami perubahan yang cukup signifikan. Dari kurikulum sebelumnya hingg

13/11/2025 08:05 - Oleh Isoh Solihah, M.Pd. - Dilihat 17 kali
BELAJAR MENGENAL DIRI LEWAT BIOLOGI ” DARI ORGAN KE KESADARAN DIRI”

Oleh Elis Nurhayati S.Pd. M.Pd Saat ini, untuk menumbuhkan kesadaran siswa dalam belajar memang tidak mudah. Hadirnya guru di kelas, belum bisa menjamin secara utuh hadirnya siswa, unt

19/10/2025 19:57 - Oleh Isoh Solihah, M.Pd. - Dilihat 97 kali
BELAJAR MENGENAL DIRI LEWAT BIOLOGI ” DARI ORGAN KE KESADARAN DIRI”

Oleh Elis Nurhayati S.Pd. M.Pd Saat ini, untuk menumbuhkan kesadaran siswa dalam belajar memang tidak mudah. Hadirnya guru di kelas, belum bisa menjamin secara utuh hadirnya siswa, unt

19/10/2025 19:53 - Oleh Isoh Solihah, M.Pd. - Dilihat 68 kali
BELAJAR MENGENAL DIRI LEWAT BIOLOGI ” DARI ORGAN KE KESADARAN DIRI”

Oleh Elis Nurhayati S.Pd. M.Pd Saat ini, untuk menumbuhkan kesadaran siswa dalam belajar memang tidak mudah. Hadirnya guru di kelas, belum bisa menjamin secara utuh hadirnya siswa, unt

19/10/2025 19:15 - Oleh Isoh Solihah, M.Pd. - Dilihat 67 kali
Pelantikan Pengurus PGRI Ranting SMAN 16 Garut Masa Bakti 2025-2030, Segenggam Harapan Tuk Kemajuan PGRI di Masa Depan

Dalam sebuah kepengurusan organisasi pasti ada yang namanya regenerasi. Organisasi apa pun itu, baik yang bersifat eksternal maupun internal. Kata organisasi biasa diartikan sebagai sek

03/10/2025 20:50 - Oleh Isoh Solihah, M.Pd. - Dilihat 255 kali
Festival Cerita Rakyat, Refleksi Kecintaan Siswa pada Budaya

Oleh Isoh Solihah, S.Pd. M.Pd Indonesia Kaya Akan Budaya, Yang Muda Yang Berkarya, Budaya Sunda Penuh Warna. Demikianlah kata-kata indah yang bisa diungkapkan untuk merefleksikan kecin

19/09/2025 04:14 - Oleh Isoh Solihah, M.Pd. - Dilihat 326 kali
Review Webinar Stay Classy In 5.0 Era

Oleh : Elis Nurhayati S.Pd. M.Pd Dari judulnya saja sudah bikin audiens penasaran. Apa isi materi Webinar ini ? Webinar Stay Classy In 5.0 Era mengajarkan bagaimana sesungguhnya menjad

05/07/2025 06:49 - Oleh Isoh Solihah, M.Pd. - Dilihat 433 kali
FLS3N, Ajang Talenta Seni untuk Mengukir Prestasi

Oleh Isoh Solihah, M.Pd         Festival Lomba Seni dan Sastra Siswa  Nasional atau yang disingkat FLS3N merupakan ajang lomba yang diadakan setiap tahun untuk

22/06/2025 11:20 - Oleh Isoh Solihah, M.Pd. - Dilihat 591 kali
Deep Learning Pada Pembelajaran Ekosistem

Oleh Elis Nurhayati, S.Pd.M.Pd Editor Isoh solihah, M.Pd Pada tingkat SMA, Ekosistem dipelajari oleh para siswa di kelas X semester 2. Dimana sebelumnya di semester 1, para siswa su

25/05/2025 17:21 - Oleh Isoh Solihah, M.Pd. - Dilihat 937 kali