• SMAN 16 GARUT
  • Terbentuknya Pelajar yang Berkarakter, Berinovasi & Berani Unggul (BERKIBAR)

Peringatan Isro Mi’raj Nabi Muhammad SAW dan Doa Istighosah bagi Siswa Kelas XII

Oleh Isoh Solihah, M.Pd

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa peristiwa Isro Mi’raj Nabi Muhammad SAW terjadi pada tanggal 27 Rajab. Pada  bulan tersebut sebagian umat Islam selalu mengadakan peringatan Isro Mi’raj atau yang dikenal dengan sebutan Rajaban. Begitu pun di SMAN 16 Garut, karena berbagai kegiatan pembelajaran yang cukup padat diantaranya pelaksanaan ujian praktik dan penugasan bagi kelas XII, peringatan Isro Mi’raj ini baru terlaksana pada tanggal 10 Maret atau bertepatan tanggal 17 Sya’ban 1444 H. Adapun penyelenggaranya adalah IRMA SMAN 16 Garut yang dibina oleh bapak Mardi Sumardi, S.Pdi. Peringatan Isro Mi’raj ini sekaligus pelaksanaan Doa Istighotsah bagi siswa kelas XII yang akan menghadapi Ujian Sekolah pada tanggal 13 Maret 2023.

             Pembina IRMA, Mardi Sumardi, S.Pdi.

Kegiatan ini bertujuan untuk memaknai  bagaimana peristiwa Isro Mi’raj Nabi Muhammad SAW serta untuk meningkatkan keimanan, ketaqwaan dan kualitas ibadah warga sekolah, baik siswa maupun pendidik dan tenaga kependidikan kepada Alloh SWT. Tentunya kita sebagai seorang muslim  harus terus berupaya memperbaiki diri dan kualitas ibadah kita kepada Sang Maha Pencipta terutama ibadah sholat.

Acara diawali dengan pembukaan oleh Ananda Riska kelas XI MIPA 5 dan Ananda Soni Kurniawan, kelas XI MIPA 3. Selanjutnya penampilan marawis  dan sambutan  Kepala Sekolah, bapak Sopyan Nurjaman, M.Pd.  Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa peringatan Isro Mi’raj dan istghotsah ini selayaknya dijadikan sebagai momentum untuk berdoa sekuat hati khususnya kelas XII agar dalam menghadapi ujian nanti  ada dalam kelancaran sehingga memperoleh nilai yang maksimal.

“Nasib Kalian selama 3 tahun itu seyogyanya    sebagian besar ditentukan oleh bagaimana Kalian menghadapi masa Ujian Akhir Sekolah.    Jangan sampai yang muncul adalah penyesalan karena mendapatkan nilai yang tidak maksimal. Apalagi yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang Perguruan Tinggi, baik itu Negeri, Swasta maupun Kedinasan. Jadi perjuangan satu minggu ke depan itu akan sangat menentukan nasib Kalian setelah lulus dari SMAN 16 ini. Mudah-mudahan Kalian memperoleh hasil yang maksimal. Hasil belajar Kalian selama 3 tahun akan berguna sepanjang hayat Kalian. Dan permohonan maaf juga dari kami, serta bapak ibu semuanya   terutama bagi siswa kelas XII kalau selama ini Kalian merasa tidak nyaman dengan begitu ketatnya disiplin dan lain sebagainya di sekolah ini. Percayalah itu semua untuk kebaikan Kalian. Sekarang mungkin  Kalian merasa sibuk, tidak enak. Merasa cape tapi nanti Kalian akan merasakan manfaatnya. Makannya di depan ada tulisan, “Pendidikan itu akarnya pahit tapi buahnya manis”. Itu harus menjadi catatan di dalam hati ketika Kalian merasakan cape atau susah menempuh pendidikan di sekolah ini. Tidak ada yang mudah, tidak ada kesuksesan yang bisa dicapai dengan mudah karena Kalian bukan anak raja atau sultan. Maka kita berusaha sekuat tenaga merealisasikan cita-cita atau  mimpi itu”. Demikian sambutan dan amanat kepala sekolah khususnya kepada siswa kelas XII.

Usai sambutan kepala sekolah dilanjutkan dengan acara inti yaitu Taushiyah dari bapak Drs. H. Awan Sanusi, M.Pd. Dalam tausyiyahnya beliau menyampaikan harapannya bahwa lulusan dari SMAN 16 Garut agar dapat melanjutkan dan lulus di berbagai Perguruan Tinggi Negeri di kota-kota besar.   Mudah-mudahan Ujian yang  akan dilaksanakan mendapatkan rohmat dan magfirah Alloh SWT serta berjalan dengan lancar.

          Penampilan Marawis IRMA SMAN 16 Garut

Adapun berkaitan dengan peringatan isro mi’raj beliau menyampaikan taushiyahnya sebagai berikut. Peristiwa Isro Mi’raj merupakan kejadian yang fenomenal, kejadian yang sangat menakjubkan. Perjalanan Nabi dari Masjidil harom ke Masjidil aqso berapa ratus kilometer  lanjut naik ke langit ke tujuh atau Sidrotul muntaha itu pun jaraknya yang sangat jauh. Namun dengan kekuasaan Alloh  hanya ditempuh dalam waktu satu malam. Kendaraannya yaitu buroq yang ditumpangi oleh Nabi dan malaikan Jibril. Makannya orang kafir qureisy tidak percaya terhadap peristiwa tersebut sehingga menyebut nabi sebagai pembohong. Hanya satu orang shahabat yang mengimani kejadian tersebut yaitu Abu Bakar sehingga beliau diberi gelar Assiddiq atau yang membenarkan peristiwa isro dan mi’raj. Oleh-oleh yang didapat Rosulullah SAW   setelah  Isro Miraj adalah perintah  Sholat, yang awalnya diperintahkan  50 waktu sehari semalam akhirnya dengan kasih sayang Alloh  menjadi 5 waktu. Maka janganlah kita sekali-kali meninggalkan sholat karena sholat adalah ibadah pertama yang dihisab oleh Allah di akhirat. Sebagaimana sabda Nabi Bismillaahirrohmaanirrohiim “Awwalu maa yuhaasabu indalloohi huwa ashsholaat. Idza sholahat sholahal jasadu kulluhu waidza pasadat fasadal jasady kulluhu.

“Amalan pertama yang dihisab oleh Alloh di yaumal jazaa adalah sholat. Apabila sholatnya baik  akan baik pula seluruh amalnya  namun jika sholatnya rusak  akan rusak pula seluruh amal perbuatannya.

Demikian peristiwa Isro Mi’raj yang sangat menakjubkan sebagai bukti kekuasaan Alloh SWT. Peristiwa ini pun sebagai penghibur kepada Nabi karena pada masa itu Rosulullah sedang dilanda kesedihan setelah ditinggalkan oleh istri tercintanya Siti Khodijah sehingga disebut aamul khuzni.

Selanjutnya berkaitan dengan persiapan di bulan Romadhon penceramah menyampaikan materi dengan memberikan empat  pertanyaan. Pertanyaan tersebut diantaranya:

  1. Mengapa bulan Romadhon disebut bulan suci?
  2. Mengapa Alloh SWT mewajibkan puasa Romadhon kepada kaum muslimin?
  3. Apa saja yang harus dilakukan umat Islam selama bulan Romadhon?
  4. Bagamana tindak lanjut setelah kita melaksanakan ibadah shaum di bulan Romadhon?

Yang pertama mengapa bulan Romadhon disebut sebagai bulan suci? Yang mendapat gelar suci dari Alloh diantaranya kitab suci. Ada 4 kitab suci yaitu kitab  Tauret, Jabur Injil dan kitab Alqur’an yang semuanya mengajarkan kepada ummatnya tentang keesaan Alloh dan Alquran sebagai penyempurna terhadap kitab suci sebelumnya. Dua kitab yang lainnya adalah Shuhufu Ibroohiimma wamuusa. Selain Alquran ada firman Alloh yang tidak masuk ke Alquran yaitu hadits qudsi. Kedua yang mendapatkan gelar suci adalah tanah suci yaitu tanah suci Mekah dan Madinah. Selain itu Baetul Maqdis yaitu masjidil Aqsho yang ada di  Palestina. Kenapa Mekah disebut tanah suci?  Karena orang-orang Kafir setelah itu tidak bisa masuk ke Mekah atau tidak diperkenankan masuk ke Mekah karena dianggap masih kotor dan tidak mengesakan Alloh. Selain itu Mekah dan Madinah merupakan kota untuk melaksanakan ibadah haji bagi umat Islam yang telah mampu melaksanakannya. Di Mekah terdapat kiblat sholatnya umat Isam yaitu Ka’bah (baetulloh).

Yang ketiga yang diberi gelar suci adalah Bulan Suci Romadhon. Kenapa disebut bulan suci? Karena di bulan Romadhon penuh dengan rohmat dan maghfiroh Alloh SWT. Seandainya tidak ada kasih sayang Alloh maka manusia tidak bisa berbuat  apa-apa. Selain itu di bulan Romadhon penuh dengan magfiroh atau ampunan maka  banyak-banyaklah beristigfar kepada Alloh SWT. Di akhir bulan Romadhon Alloh menjanjikan Itqumminannaar terbebas dari api neraka. Maka surga disediakan bagi orang yang beriman  dan surga adalah tempat yang suci untuk orang-orang yang bersih dari dosa. Buktinya nabi adam pun dikeluarkan dari surga karena berbuat salah mendekati buah khuldi yang dilarang oleh Alloh SWT.

  

                             Pengurus IRMA SMAN 16 Garut

Pertanyaan yang kedua adalah mengapa Alloh SWT mewajibkan puasa Romadhon kepada kaum muslimin?  Karena segala amal sholeh di bulan Romadhon dilipatgandakan pahalanya. Baik sholat, shodaqoh maupun ibadah yang lainnya bahkan amalan sunnah pun pahalanya menjadi wajib. Hadits Rosulullah berbunyi yang artinya. “Ada dua kebahagiaan bagi orang yang berpuasa di bulan Romadhon Yaitu saat berbuka dan saat bertemu dengan Tuhannya di Yaumal Jazaa walhisab. Di surga ada pintu bagi orang yang berpuasa yaitu baaburroyyan. Hal ini untuk memberikan motivasi bagi umat Islam agar bersungguh-sungguh menjalankan ibadah puasa. Karena bagi orang yang berpuasa tantangannya cukup berat. Alloh akan menilai siapa orang yang benar-benar berpuasa karena Alloh atau tidak. Jadi tidak sembarangan orang yang bisa masuk ke pintu royyan tersebut. Oleh karena itu  kita harus benar-benar menjadi hamba Alloh yang taat menjalankan perintahNya. Rohmat dan kasih sayang Alloh akan benar-benar terasa di bulan Romadhon.

Pertanyaan yang ketiga apa saja yang harus dilakukan umat Islam selama bulan Romadhon? Jawabannya berdasarkan kasih sayang Alloh, badan kita tetap sehat walaupun kita menjalankan ibadah puasa satu bulan penuh. Badan kita tidak sakit justru sebaliknya menjadi sehat. Pola makan kita menjadi teratur karena tubuh manusia pada saat berpuasa sedang mengadakan pembaharuan- pembaharuan. Setelah satu bulan penuh berpuasa sel-sel  yang sudah tua diganti dengan yang baru . Oleh karena itu pada saat berpuasa hindari rasa marah dan tahan hawa nafsu. Selanjutnya cari makanan yang bergizi,  halaalan toyyiban. Saat berbuka makanlah yang manis-manis jangan langsung yang pedas-pedas karena  akan merusak tubuh. Aturlah pola makan yang benar agar tubuh kita tetap kuat menjalankan ibadah puasa selain niat yang kuat pula. Dengan puasa,  melatih kita mengatur pola makan yang benar.

Terakhir bagamana tindak lanjut setelah kita melaksanakan ibadah shaum di bulan Romadhon? Refleksikan kebiasaan baik di bulan Romadhon pada bulan-bulau berikutnya. Jangan ragu untuk terus memperbaiki ibadah, baik sholat wajib, sholat sunnat, tadarus Alquran dan ibadah yang lainnya harus terus dijalankan setelah bulan Romadhon. Perhatikan fakir miskin dan anak yatim.  Itulah ciri hamba Alloh  yang kembali suci (iedul fitri)  setelah menjalankan ibadah shaum. Demikian taushiyah yang disampaikan oleh penceramah semoga bermanfaat.

Acara dilanjutkan dengan doa yang disampaikan oleh Bapak H. Dede Kurnia, S.Ag. M.Pd.  Beliau menyampaikan bahwa ada 3 doa yang tidak akan diterima oleh Alloh SWT? Apa itu? Yang pertama adalah doanya orang musyrik, yang kedua doanya anak durhaka kepada orang tua dan ketiga adalah doanya qaulazzuur atau doanya pembohong dan yang suka bersumpah palsu. Dan ada tiga golongan yang akan diterima yaitu yang pertama doanya orang yang didzolimi. Yang kedua adalah ibnussabiil atau doa orang yang dalam perjalanan untuk berjihad serta yang ketiga adalah doanya orang tua kepada anaknya. Seperti doanya Nabiyulloh kepada ummatnya.

Doa istighotsah adalah doa untuk meminta tolong kepada Alloh agar dimudahkan dalam segala urusan. Alloh berfirman dalam alquran “Auudzubillaahi minasysyaithoonirrojiim. “Ud’uunii astajib lakum”. Berdoalah kepadaku maka aku akan mengabulkannya, terutama berdoa di sepertiga malam. Doa istighotsaah ada di dalam  alquran surat Alanfaal, surat ke 7 ayat 9 yang artinya: “Ingatlah ketika kamu memohon pertolongan kepada Tuhanmu lalu diperkenankan-Nya bagimu. “Sungguh aku akan mendatangkan  bala bantuan kepadamu dengan seribu malaikat yang datang berturut-turut”

Demikian janji Alloh di dalam Alquran ketika kita benar-benar berdoa kepada Alloh untuk meminta pertolongan. Para siswa pun berdoa dengan dipimpin oleh Bapak H. Dede Kurnia, S.Ag, M.Pd. Semoga doa yang kita sampaikan diterima oleh Alloh SWT. Aamiin.

Demikian rangkaian kegiatan Peringatan Isro Mi’raj dan Doa istighotsah bagi siswa kelas XII. Ketua Rohis Ananda Azis Alfarizi kelas XI MIPA 4 berharap bahwa makna dan hasil dari kegiatan ini dapat membentuk karakter siswa yang berakhlaqul karimah serta mereka dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Tak lupa Ananda Hilda pun sebagai Ketua Akhwat menyampaikan komentarnya bahwa alhamdulillah kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar namun untuk kegiatan ke depan perlu dipersapkan lagi dengan lebih matang. Ucapan terimakasih teriring doa Jazaakumulloohu khoiron katsiiroo kepada Al Ustadz Drs. H Awan Sanusi, M.Pd yang telah menyampaikan taushiyahnya yang begitu panjang lebar. Semoga ilmu yang diberikan bermanfaat bagi kita semua. Semoga beliau selalu diberi kesehatan oleh Alloh SWT dan diberi umur panjang. Aamiin yaa robbal aalamiin. 

Wassalaam

Cisurupan, Sya’ban, 1444 H.

Tim website Sekolah

 

 

 

 

 

Komentar

Keseimbangan antara ilmu pengetahuan umum dan ilmu keagamaan adalah sebuah keberhasilan demi kualitas diri yang baik tidak hanya bagi siswa tetapi bagi sekolah juga

Bagus untuk meningkatkan kualitas sekolah yang religius dan agamis

Bagus untuk meningkatkan kualitas sekolah yang religius dan agamis

Menenangkan

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Sixteen Challange Batch Two (Eduforia) di SMAN 16 Garut

Oleh Isoh Solihah, M.Pd SMAN 16 Garut sebagai salah satu Sekolah Penggerak di kabupaten Garut pada Tahun Ajaran 2023-2024, selalu berusaha untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan

01/12/2023 10:02 - Oleh Isoh Solihah, M.Pd. - Dilihat 1545 kali
Program Duta Literasi Kameumeut, Lomba Menulis CHPB 16 Garut Sesi Pertama dengan Tema Bebas

Oleh  Fanisa Erliani Editor Isoh Solihah, M.Pd Program Literasi merupakan salah satu program yang terus digalakan oleh Perpustakaan SMAN 16 Garut. Melalui program ini diharapkan

13/10/2023 09:50 - Oleh Isoh Solihah, M.Pd. - Dilihat 752 kali
Panen Karya, Pementasan Drama Bertopik “Cegah Perundungan” sebagai Puncak Kegiatan P5 di SMAN 16 Garut Semester 1 Tahun Ajaran 2023-2024

Oleh Isoh Solihah M.Pd Editor  Elis Nurhayati S.Pd. M.Pd Tahun Ajaran 2023-2024 merupakan tahun kedua SMAN 16 Garut menerapkan Kurikulum Merdeka untuk kelas  XI dan tahun pe

26/09/2023 21:30 - Oleh Isoh Solihah, M.Pd. - Dilihat 1437 kali
Berbagi Praktik Baik Guru Penggerak SMA Negeri 16 Garut

oleh Sipa Setiapani, S.S. editor Isoh Solihah, M.Pd. Ilmu itu  ada untuk kemudian disempurnakan oleh amalan karena kita belajar bukan hanya sekadar untuk menjadi tahu, tetapi unt

21/07/2023 19:46 - Oleh Sipa Setiapani, S.S. - Dilihat 4395 kali
Graduation dan Pembagian Ijazah SMAN 16 Garut Angkatan ke 27 Bertema “Siap Jadi Cahaya dengan Semangat Berkibar Jaya”

Oleh : Isoh Solihah, M.Pd Sudah menjadi kata pepatah bahwa di mana ada pertemuan, pasti ada perpisahan. Hal itu bagaikan dua sisi mata uang yang tak terpisahkan. Seperti halnya di SMAN

26/06/2023 15:00 - Oleh Isoh Solihah, M.Pd. - Dilihat 601 kali
Pameran P5 bertema “Berwirausaha dengan Mengangkat Potensi Daerah”

Oleh Isoh Solihah, M.Pd Seperti yang telah disampaikan pada tulisan sebelumnya di website tentang Komunitas Belajar dengan kajian pertama bertopik “Kewirausahaan”, maka alh

15/05/2023 12:00 - Oleh Isoh Solihah, M.Pd. - Dilihat 22958 kali
Komunitas Belajar; Membangun Kreativitas dan Kompetensi Guru

Sebagaimana telah disampaikan pada pertemuan pertama berkaitan dengan rencana pembentukan komunitas belajar di SMAN 16 Garut yang telah dilaksanakan pada 15 Maret 2023, maka berdasarkan

28/04/2023 10:39 - Oleh Isoh Solihah, M.Pd. - Dilihat 12374 kali
Refleksi dan Pameran P5 dengan Tema “Suara Demokrasi”

Oleh: Isoh Solihah M.Pd Seperti yang telah disampaikan pada tulisan sebelumnya di website sekolah bahwa pada Semester Genap sekarang kegiatan P5 untuk kelas X adalah  “Suara

09/02/2023 21:33 - Oleh Isoh Solihah, M.Pd. - Dilihat 106802 kali
Tahun Baru, Semangat Baru, Inovasi Baru

  Oleh  Sipa Setiapani, S.S Libur semester gasal telah usai. Pada hari Senin, 9 Januari 2023 merupakan hari pertama siswa dan siswi SMA Negeri 16 Garut masuk sekolah sekaligu

12/01/2023 19:12 - Oleh Sipa Setiapani, S.S. - Dilihat 653 kali
Resume Materi Bimtek Guru Belajar dan Berbagi Seri Pemimpin Merdeka Belajar

Oleh Isoh Solihah, M.Pd                                         Seri Pemimpin M

01/01/2023 20:57 - Oleh Isoh Solihah, M.Pd. - Dilihat 3822 kali