• SMAN 16 GARUT
  • Terbentuknya Pelajar yang Berkarakter, Berinovasi & Berani Unggul (BERKIBAR)

Graduation dan Pembagian Ijazah SMAN 16 Garut Angkatan ke 27 Bertema “Siap Jadi Cahaya dengan Semangat Berkibar Jaya”

Oleh : Isoh Solihah, M.Pd

Sudah menjadi kata pepatah bahwa di mana ada pertemuan, pasti ada perpisahan. Hal itu bagaikan dua sisi mata uang yang tak terpisahkan. Seperti halnya di SMAN 16 Garut, para siswa kelas XII yang telah melewati masa ujian, baik yang berjenis portofolio, ujian praktik, maupun ujian tertulis yang dilakukan secara online, kini tibalah saatnya mereka untuk berpisah.  Berpisah dengan guru-guru tercinta, berpisah dengan sahabat-sahabat terkasih, dan berpisah dengan warga sekolah yang lainnya, yang tentunya telah menyimpan kenangan di hati mereka masing-masing. Namun bukan berarti berpisah untuk selamanya, suatu saat nanti mereka pasti berjumpa kembali. Kegiatan Perpisahan kelas XII ini dikemas dalam suatu acara “Graduation dan Pembagian Ijazah  SMAN 16 Garut Angkatan ke 27”  bertema “Siap Jadi Cahaya dengan Semangat Berkibar Jaya”

Panita kegiatan tidak semata-mata memilih tema tersebut, tapi tentunya ada tujuan dan harapan yang ingin dicapai. Hal itu berkaitan erat dengan Visi dan Misi SMAN 16 Garut yang berbunyi “Membentuk Pelajar yang BERKIBAR (Berkarakter, Berinovasi dan Berani Unggul). Maka melalui pengambilan tema tersebut, harapan terbesar sekolah  bahwa Lulusan SMAN 16 Garut angkatan ke 27 diantaranya adalah:

  1. Siap menjadi cahaya yang menerangi melalui ilmu yang telah didapatkan selama belajar di SMAN 16 Garut
  2. Siap untuk selalu berkarakter baik, melakukan inovasi dan berani unggul dalam meraih harapan  dan cita-cita di masa depan serta berguna bagi nusa, bangsa, dan agama di manapun mereka berada.

Demikian harapan yang tersirat melalui tema tersebut. Hal ini tentunya perlu disadari dan diyakini oleh para lulusan angkatan ke 27. Lulus dari SMAN 16 Garut jangan menjadi beban bagi orang tua, namun sebaliknya harus menjadi kebanggaan dan Cahaya Mata bagi Ayah dan Bunda.

Acara Graduation ini dilaksanakan pada hari Kamis, 15 Juni 2023, tiga hari setelah selesai pelaksanaan PSAT Tahun Pelajaran 2022-2023. Pada kegiatan Pra Acara  diawali dengan penampilan Marawis dari ROHIS SMAN 16 Garut, dilanjutkan dengan penampilan Tari Ronggeng dan Rujak Cuka dari Sasesi yang diakhiri dengan tari bubuka. Pra Acara ini dipimpin oleh MC  Ananda Carla Azzahra kelas XI MIPA 5 dan Ananda Redita Ayu Putri  kelas XI MIPA 7.

Selanjutnya acara inti dipimpin oleh Ibu Yustina Jaziroh, S.Pd dan Bapak Masdar Munawar, S.Pd. Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh Tim Paduan Suara. Kemudian dilanjutkan penampilan  Syarhil Quran, dengan Tilawah Ananda, Nesya Setiawati, kelas XI MIPA 5, Ananda Salma  Fauziah, kelas XI MIPA 1, dan Syarahan Ananda Pebi Marsinda kelas XI MIPA 3. Melalui penampilan Syarhil Quran ini, merupakan sarana mengembangkan minat dan bakat siswa dalam bidang keagamaan. Bakat mereka sungguh luar biasa yang perlu terus diasah dan ditingkatkan melalui organisasai keagamaan di sekolah ini. Acara dilanjutkan dengan pembacaan doa dan laporan Ketua Pelaksana.

 

Suatu Acara ceremony tak mungkin lengkap tanpa adanya sambutan. Maka acara selanjutnya adalah pesan dan kesan dari perwakilan siswa kelas XII yang disampaikan oleh De Habib. Melalui kesannya Ananda De Habib menyampaikan rasa terimakasih kepada seluruh Dewan Guru yang telah membimbing dan mendidik para siswa dengan penuh cinta kasih dan rasa tanggung jawab. Ananda pun mewakili para siswa kelas XII  menyampaikan permohonan maaf bilamana selama ini banyak ungkapan dan perbuatan yang kurang berkenan di hati para Bapak dan Ibu guru. 

Sebelum acara sambutan dilanjutkan, diselingi dulu dengan penampilan live music karawitan rampak kendang dari Sasesi. Penampilan rampak kendang ini pun memukau perhatian para peserta dan tamu undangan sehingga mengundang decak kekaguman.

Ada hal yang sangat istimewa dalam acara ini karena dihadiri oleh Sesepuh  Pejuang Pengharum nama SMAN 16 Garut. Mereka adalah orang-orang yang sangat kami hormati, Bapak Drs. Opang Saepurohman, Bapak Dr. Sofyan Hidayat, M.Pd. dan Bapak Drs. Usep Saptono, M.M.  Kehadiran mereka di tengah-tengah kami memberikan nuansa dan suasana yang berbeda. Kami yang telah lama mengabdi di sekolah ini terkenang kembali dengan perjuangan mereka dalam meningkatkan dan mengembangkan pendidikan di sekolah tercinta ini. Rasanya seperti mimpi para sesepuh pendidik ini dapat hadir  di tengah-tengah kami.

Sebagai bentuk rasa syukur dan penghormatan kepada para sesepuh pejuang pendidikan, pihak sekolah memberikan cendera mata  kepada mereka. Pengatur acara pun mempersilakan mereka untuk naik ke atas panggung. Satu persatu Kepala SMAN 16 Garut memberikan cinderamata kepada sesepuh para pejuang pendidikan. Selanjutnya Bapak Dr. Sofyan Hidayat, M.Pd menyampaikan sambuttannya. Dalam sambutannya beliau  menyampaikan rasa syukur dan bahagia dapat hadir di tengah-tengah kegiatan graduation. Suatu kehormatan dapat hadir dalam acara ini. Kualitas sekolah ini dari tahun ke tahun  semakin bagus.”Sepeninggal saya, sekolah ini semakin bagus yang dipimpin oleh Bapak Drs. Usep Saptono, M.M dan setelah Bapak Usep purnabakti , Kepemimpinan sekolah ini jauh lebih bagus terbukti dengan animo masyarakat yang cukup tinggi untuk mendaftarkan putra putrinya ke sekolah ini bahkan tahun sekarang mencapai 500 orang lebih pendaftar menyaingi SMAN 1 Garut. Satu kata untuk SMAN 16 Garut. “You are the best” Begitu ungkapan Bapak Dr. Sofyan Hidayat, M.Pd dalam sambutannya.

Selain itu beliau juga menyampaikan pesan bagi putra putri, siswa kelas XII yang akan meninggalkan sekolah ini. Ilmu yang didapat selama Ananda belajar di sekolah ini haruslah menjadi cahaya bagi diri sendiri juga bagi orang lain. Yang berhasil lulus melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi teruslah berjuang untuk meraih cita-cita dan harapan. Dan yang paling penting diperhatikan adalah attitude. Yaitu sikap yang perlu ditampilkan sesuai dengan nilai-nilai dan keyakinan yang sudah tertanam dalam diri. Kualitas seseorang tidak hanya dilihat dari kecerdasan dan nilai-nilai yang didapat, namun juga dilihat dari sikap dan karakter yang ditampilkan. Bagaimana dia beradaptasi dengan lingkungan dan bagaimana dia bisa menghargai lingkungannya”.

Demikian pesan yang disampaikan Bapak Dr. Sofyan Hidayat, M.Pd. kepada lulusan angkatan ke 27.  

Selanjutnya sambutan disampaikan oleh Komite Sekolah dan sambutan dari kepala SMAN 16 Garut sekaligus serah terima lulusan secara simbolis dari pihak sekolah kepada Komite selaku orang tua wisudawan. Tibalah saatnya acara inti yaitu Upacara Adat dan budaya serta pengalungan medali sekaligus pembagian ijazah yang dilanjutkan dengan mushafahah kepada guru. Para lulusan pun secara bergiliran dari setiap kelas naik ke atas panggung menerima pengalungan medali dan ijazah. Dengan wajah yang ceria dan bahagia mereka menerima medali tersebut dan berkumpul dengan keluarga untuk berfoto bersama.

Tak kalah bahagianya bagi siswa yang berprestasi atau lulusan terbaik. Mereka pun mendapatkan penghargaan dan apresiasi dari sekolah. Begitupun dengan para siswa yang berhasil lulus diterima di Perguruan Tinggi Negeri melalui jalur SNBP.  Para siswa yang lulus seleksi melalui jalur tersebut  berjumlah 16 orang. Ada yang diterima di   UPI PGSD, Politeknik Bandung, Unsil dan Universitas yang lainnya.

Hal ini merupakan suatu kebanggan bagi sekolah karena tahun sekarang jumlahnya terus meningkat dari tahun yang lalu. Jumlah siswa yang lulus seleksi ke PTN pun masih terus bertambah. Saat tulisan ini dibuat data siswa yang diterima di PTN melalui jalur SNBT ada 10 orang dan yang  lolos UM PTKIN ada 2 orang. Mudah-mudahan tahun depan lulusan yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri terus bertambah.

Usai acara inti dilanjutkan dengan Persembahan untuk Orang Tua dari Para wisudawan serta Nyanyian bersama berjudul “Masa SMA” dan “Sampai Jumpa”.

Demikian rangkaian acara Graduation  dan Pembagian Ijazah  SMAN 16 Garut Angkatan  ke 27 Bertema “Siap Jadi Cahaya dengan Semangat Berkibar Jaya”. Semoga menjadi kenangan yang tak terlupakan.

 

Cisurupan, Juni 2023

Tim Website Sekolah

 

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Sixteen Challange Batch Two (Eduforia) di SMAN 16 Garut

Oleh Isoh Solihah, M.Pd SMAN 16 Garut sebagai salah satu Sekolah Penggerak di kabupaten Garut pada Tahun Ajaran 2023-2024, selalu berusaha untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan

01/12/2023 10:02 - Oleh Isoh Solihah, M.Pd. - Dilihat 1638 kali
Program Duta Literasi Kameumeut, Lomba Menulis CHPB 16 Garut Sesi Pertama dengan Tema Bebas

Oleh  Fanisa Erliani Editor Isoh Solihah, M.Pd Program Literasi merupakan salah satu program yang terus digalakan oleh Perpustakaan SMAN 16 Garut. Melalui program ini diharapkan

13/10/2023 09:50 - Oleh Isoh Solihah, M.Pd. - Dilihat 855 kali
Panen Karya, Pementasan Drama Bertopik “Cegah Perundungan” sebagai Puncak Kegiatan P5 di SMAN 16 Garut Semester 1 Tahun Ajaran 2023-2024

Oleh Isoh Solihah M.Pd Editor  Elis Nurhayati S.Pd. M.Pd Tahun Ajaran 2023-2024 merupakan tahun kedua SMAN 16 Garut menerapkan Kurikulum Merdeka untuk kelas  XI dan tahun pe

26/09/2023 21:30 - Oleh Isoh Solihah, M.Pd. - Dilihat 1593 kali
Berbagi Praktik Baik Guru Penggerak SMA Negeri 16 Garut

oleh Sipa Setiapani, S.S. editor Isoh Solihah, M.Pd. Ilmu itu  ada untuk kemudian disempurnakan oleh amalan karena kita belajar bukan hanya sekadar untuk menjadi tahu, tetapi unt

21/07/2023 19:46 - Oleh Sipa Setiapani, S.S. - Dilihat 4940 kali
Pameran P5 bertema “Berwirausaha dengan Mengangkat Potensi Daerah”

Oleh Isoh Solihah, M.Pd Seperti yang telah disampaikan pada tulisan sebelumnya di website tentang Komunitas Belajar dengan kajian pertama bertopik “Kewirausahaan”, maka alh

15/05/2023 12:00 - Oleh Isoh Solihah, M.Pd. - Dilihat 26922 kali
Komunitas Belajar; Membangun Kreativitas dan Kompetensi Guru

Sebagaimana telah disampaikan pada pertemuan pertama berkaitan dengan rencana pembentukan komunitas belajar di SMAN 16 Garut yang telah dilaksanakan pada 15 Maret 2023, maka berdasarkan

28/04/2023 10:39 - Oleh Isoh Solihah, M.Pd. - Dilihat 13372 kali
Peringatan Isro Mi’raj Nabi Muhammad SAW dan Doa Istighosah bagi Siswa Kelas XII

Oleh Isoh Solihah, M.Pd Sebagaimana yang kita ketahui bahwa peristiwa Isro Mi’raj Nabi Muhammad SAW terjadi pada tanggal 27 Rajab. Pada  bulan tersebut sebagian umat Islam s

10/03/2023 20:48 - Oleh Isoh Solihah, M.Pd. - Dilihat 1067 kali
Refleksi dan Pameran P5 dengan Tema “Suara Demokrasi”

Oleh: Isoh Solihah M.Pd Seperti yang telah disampaikan pada tulisan sebelumnya di website sekolah bahwa pada Semester Genap sekarang kegiatan P5 untuk kelas X adalah  “Suara

09/02/2023 21:33 - Oleh Isoh Solihah, M.Pd. - Dilihat 111208 kali
Tahun Baru, Semangat Baru, Inovasi Baru

  Oleh  Sipa Setiapani, S.S Libur semester gasal telah usai. Pada hari Senin, 9 Januari 2023 merupakan hari pertama siswa dan siswi SMA Negeri 16 Garut masuk sekolah sekaligu

12/01/2023 19:12 - Oleh Sipa Setiapani, S.S. - Dilihat 692 kali
Resume Materi Bimtek Guru Belajar dan Berbagi Seri Pemimpin Merdeka Belajar

Oleh Isoh Solihah, M.Pd                                         Seri Pemimpin M

01/01/2023 20:57 - Oleh Isoh Solihah, M.Pd. - Dilihat 3942 kali