• SMAN 16 GARUT
  • Terbentuknya Pelajar yang Berkarakter, Berinovasi & Berani Unggul (BERKIBAR)

Sixteen Challange Batch Two (Eduforia) di SMAN 16 Garut

Oleh Isoh Solihah, M.Pd

SMAN 16 Garut sebagai salah satu Sekolah Penggerak di kabupaten Garut pada Tahun Ajaran 2023-2024, selalu berusaha untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan pelayanan kepada masyarakat. Setelah tahun kemarin sukses menyelenggarakan kegiatan Sixteen Challenge yang pertama, maka tahun sekarang pun kembali digelar Sixteen Challenge batch two se kabupaten Garut sebagai bukti pelayanan pendidikan kepada masyarakat untuk tingkat Sekolah Dasar , TK dan SMP. Dalam kegiatan  Sixteen Challenge batch two ini kembali menyuguhkan kegiatan-kegiatan edukatif yang menarik dan berkesan bagi seluruh peserta.

Kegiatan Sixteen Challenge kali ini mengusung tema “Smart and Creative Competition for the Best Future  Generations” yang bermakna “ Kompetisi cerdas  dan kreatif untuk generasi penerus terbaik”Adapun kegiatan lomba yang diselenggarakan diantaranya olimpiade IPA, IPS , Matematika,  MTQ, lomba baca puisi, story telling serta solo vokal putra putri untuk tingkat SMP dan sederajat . Selain itu ada lomba mewarnai untuk tingkat TK dan SD kelas 1-2 serta menggambar untuk kelas 3 SD sampai kelas  6 SD. Pada tahun sekarang, terjadi penambahan peserta yang signifikan. Di cabang olimpiade jumlah peserta naik pesat. Tahun lalu yang mendatar berjumlah 35 peserta dan tahun sekarang meningkat menjadi 162 peserta. Begitu juga pada cabang lomba story telling. Tahun lalu jumlah pendaftar hanya 15 orang sekarang naik menjadi 38 peserta. Hal ini tentunya tidak lepas dari dukungan dari berbagai pihak dan masyarakat luas.

Setelah panitia melakukan berbagai persiapan baik sarana prasarana maupun aksesoris yang lainnya maka tibalah kegiatan sixteen challenge ini yang dilaksanakan pada tanggal 22 – 23 November. Sebelumnya dilaksanakan babak penyisihan olimpiade pada tanggal 20 November 2023  secara online. Hasil dari babak penyisihan ini diambil 15 besar untuk diikutkan kembali pada babak pinal.