• SMAN 16 GARUT
  • Terbentuknya Pelajar yang Berkarakter, Berinovasi & Berani Unggul (BERKIBAR)

Kemeriahan Sixteen Challenge (Gebyar Multi Event) di SMAN 16 Garut

oleh Isoh Solihah, M.Pd

Seperti yang telah disampaikan pada informasi sebelumnya di website sekolah, bahwa SMAN 16 Garut akan mengadakan gebyar lomba multi event yang dikemas dalam kegiatan Sixteen Challenge. Acara ini dikemas dengan Nuansa Budaya Tradisi Indonesia yang mengusung tema “Eduan Pisan”. “Eduan Pisan” merupakan pelesetan dari kata edukasi dan edan pisan (kosakata bahasa Sunda sebagai ucapan spontan atau terlontar begitu saja ketika menyaksikan hal yang menarik dan berkesan). Maka dari itu Sixteen Challenge ‘Eduan Pisan’ menyuguhkan kegiatan-kegiatan edukatif yang menarik dan berkesan bagi seluruh peserta yang mengikutinya.

Setelah diadakan kegiatan PORAK di SMAN 16 Garut pada tanggal 13-16 Desember 2022, pucuk dicinta ulam pun tiba, hari yang ditunggu-tunggu datang jua. Tibalah saatnya ajang lomba yaitu Sixteen Challenge. Kegiatan ini diawali dengan pembukaan yang dipusatkan di dua tempat. Pertama di lapangan SMAN 16 Garut dan yang kedua di GOR AJ Futsal Kp. Sirnasari Ciaul Cikajang Garut. Di lapangan sekolah, acara dibuka langsung oleh kepala sekolah, Bapak Sopyan Nurjaman, M.Pd. yang dihadiri oleh seluruh peserta lomba beserta orang tua dan pembimbing mulai dari tingkat TK, SD sampai SMP. Mereka sangat antusias mengikuti lomba ini. Pembukaan lomba ditandai dengan pemukulan goong oleh kepala sekolah. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa setelah sekian lama tidak mengadakan lomba berupa ajang kompetisi, maka saat inilah SMAN 16 Garut mengadakan gebyar multi tallent bagi siswa TK, SD dan SMP. Ajang ini sebagai sarana untuk meningkatkan tali silaturahmi sesama pendidik khususnya warga Cisurupan dan untuk mengenalkan lebih jauh kualitas dan potensi yang dimiliki oleh SMAN 16 Garut. Selain itu, khususnya bagi siswa SMP untuk mengasah bakat dan kemampuan dalam bidang akademik baik kognitif maupun psikomotor.

Pembukaan Sixteen Challange

Ajang lomba ini terbagi dalam beberapa kategori diantaranya lomba mewarnai untuk TK, lomba menggambar untuk kelas 1 sampai 6 SD, lomba poster manual, olimpiade IPA, IPS serta Matematika. Tak ketinggalan dalam bidang keagamaan juga ada MTQ. Selain itu untuk mengasah keberanian dan mental juga diadakan lomba baca puisi dan story telling. Satu lagi dalam bidang olah raga yaitu turnamen futsal antar SMP se-kabupaten Garut.

Untuk turnamen futsal, langsung dibuka oleh Wakasek Humas, Bapak Drs Asep Dadan, M.Pd, bertempat di GOR AJ Futsal yang ditandai dengan tendangan bola ke gawang. Pada acara pembukaan ini dimeriahkan pula oleh penampilan tari dari SASESI untuk menambah semangat para peserta dalam mengikuti lomba.

 

Acara pembuka di GOR AJ Futsal

Usai acara pembukaan dilanjutkan dengan lomba Olimpiade IPA, IPS dan Matematika serta persiapan pertandingan futsal di GOR AJ Futsal. Untuk olimpiade IPA diikuti oleh 10 orang siswa, olimpiade IPS, 14 orang siswa dan olimpiade matematika diikuti oleh 16 orang siswa. Mereka datang dari berbagai sekolah tingkat SMP di kecamatan Cisurupan dan Cikajang serta ada juga yang datang dari SMPN 2 Garut. Mereka sangat antusias mengikuti lomba ini. Dalam olimpiade ini para peserta mengisi soal secara langsung melalui komputer dengan durasi waktu yang telah ditentukan. Dari sekian peserta yang mengikuti lomba, diambil 5 orang yang mendapatkan nilai tertinggi yang akan diikutkan pada babak final. Di tempat lain, kompetisi Futsal diikuti oleh 26 tim, yang akan melewati babak penyisihan, perempat final, semifinal dan babak final.

Pada hari kedua, Selasa 20 Desember diadakan lomba menggambar, poster manual, MTQ dan bazzar. Kegiatan lomba diawali dengan pembukaan yang dipimpin oleh Bapak Ikhsan Taufik Maulana, S.Pd didampingi Ibu Yustina Jaziroh S.Pd. Acara dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Alquran dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Selanjutnya sambutan dari koordinator bazzar, Bapak Rainal Aulia Rais S.Pd sekaligus membuka acara event bazzar yang ditandai dengan prosesi pemukulan goong.

Para peserta lomba dalam acara pembukaan di lapangan sekolah

Event bazzar ini terdiri dari stand produk kreatif dan stand kuliner yang melibatkan seluruh siswa SMA Negeri 16 Garut. Setiap kelas dari mulai kelas X s.d. kelas XII menjual produk yang dibuatnya. Produk kreatif dibuat oleh kelas X J s.d. kelas X L sebagai salah satu tugas dari mata pelajaran Seni Budaya, sedangkan untuk kelas yang lainnya membuat produk kuliner sebagai salah satu tugas dari mata pelajaran PKWU. Para siswa terlihat sangat kreatif dan produktif dalam membuat berbagai makanan dan minuman yang dijajakan. Mereka bergotong royong dan bekerja sama untuk memeriahkan acara ini. Nuansa kebersamaan terlihat sangat harmonis diantara mereka. Inilah karakter Profil Pelajar Pancasila yang diharapkan. Tentunya hal itu berkat bimbingan dan arahan dari para walikelasnya.

Bazzar kuliner dan hasil kreatifitas siswa SMAN 16 Garut

Tak ketinggalan SASESI pun ikut memeriahkan acara ini dengan berbagai penampilan tari yang indah dan menarik. Para pengunjung pun sangat terhibur dengan suguhan acara ini. Mereka mencicipi berbagai makanan yang diperjualbelikan serta menikmati alunan musik dan tarian yang ditampilkan.

Untuk lomba MTQ diikuti oleh 16 orang peserta, dengan juri para guru agama di SMAN 16 Garut. Para juri tersebut diantaranya Bapak Mardi Sumardi, S.Pdi, Bapak H. Dede Kurnia, S.Pd, M.Pd dan Bapak Jajang Ridwan Jamiat, S.Pd. Ajang lomba ini diadakan bertujuan agar para siswa mencintai alquran dan senang membaca Alquran.

Selanjutnya pada hari ke tiga Rabu, 21 Desember 2022 diadakan lomba baca puisi, story telling, lomba mewarnai tingkat TK serta final olimpiade IPA, IPS dan Matematika. Sebelum diadakan lomba, terlebih dahulu acara pembukaan dan parade catwalk dari mojang dan jajaka serta para duta literasi. Inilah prestasi yang telah diraih oleh para siswa melalui pemilihan Duta Literasi dan Mojang, Jajaka Garut tahun 2022.

Para duta literasi dan Mojang Jajaka SMAN 16 Garut

Mojang dan Jajaka Kabupaten turut memeriahkan acara

Usai acara pembukaan, para peserta diarahkeun ke ruangannya masing-masing. Lomba baca puisi diikuti oleh 27 peserta sedangkan lomba story telling diikuti oleh 13 orang peserta dari berbagai sekolah tingkat SMP. Pada lomba baca puisi para peserta harus membaca satu puisi wajib dan satu puisi pilihan. Adapun judul puisi wajib yang dilombakan adalah “Membaca tanda-tanda “ karya Taufik Ismai dan lima puisi pilihan. Adapun tim juri pada lomba ini adalah guru Bahasa Indonesia yang berkompeten di bidangnya yaitu Ibu Yuyun Yuningsih, M.Pd dan Bapak Ikhsan Taufik Maulana, S.Pd. Dari sekian peserta yang tampil, mereka begitu ekspresif dan menjiwai isi puisi. Vokal dan gesture pun mendukung penampilan peserta dalam berpuisi. Tidak mudah memang membaca sebuah puisi karena peserta harus betul-betul menjiwai isi dan makna yang terkandung dalam puisi serta mendalami bagaimana suasana isi puisi. Dalam moment inilah kesempatan yang paling berharga, guru dapat belajar dari siswa atau belajar dari alam sesuai dengan filosofi pendidikn Ki Hajar Dewantara.

Di kelas yang lain, penampilan peserta lomba story telling tidak kalah menariknya. Para peserta berlomba menampilkan yang terbaik dibalut dengan costum yang senada dengan isi cerita. Adapun cerita yang disampaikan berjudul “Situ Bagendit”. Penampilan mereka begitu memukau para juri dan penonton. Vokal, ekspresi, penghayatan dan gesture pun sangat diperhatikan oleh peserta sebagai aspek penilaian juri. Di akhir lomba diumumkan para pemenangnya

Di tempat yang berbeda, di kelas baru, anak-anak TK dan RA mengikuti lomba mewarnai. Jumlah mereka mencapai 86 orang. Mereka lucu-lucu dan menggemaskan. Jari-jemari menari diatas gambar yang diwarnai. Di sinilah mereka bergaul dan bersosialisasi dengan teman-teman yang berada di luar sekolahnya.

Sementara itu, untuk menguji kemampuan siswa SMAN 16 Garut dalam bidang seni, diadakan lomba solo vocal yang dipimpin oleh Bapak Prabowo Suprianto. S.Pd. Perwakilan dari setiap kelas mengirimkan utusannya untuk menyanyikan satu lagu wajib dan lagu pilihan. Ajang ini merupakan sarana uji mental bagi siswa untuk tampil di muka umum.

Para Pemenang dan Testimoni peserta serta Pembimbing

Kini tibalah saat pengumuman para pemenang lomba Sixteen Challenge dari berbagai kategori.

  1. Lomba Menggambar

Jenjang 1 ( kelas 1 dan 2 SD)

Juara 1 diraih oleh Ananda Hasna Hanipa dari SDN Tanjunganom Samarang

Juara 2 diraih oleh Ananda Dahlia Zahira dari SDN 3 Sukatani

Juara 3 diraih oleh Ananda Nurul Aisyah dari SDN 3 Sukatani

 

Jenjang 2 (Kelas 3 dab 4 SD)

Juara 1 diraih oleh Ananda Nasya Kayla Azalia Hermansyah dari SDN Cibunar Tarogong

Juara 2 diraih oleh Ananda Joanda Rafanda Alesha dari SDIT Al-Fath

Juara 3 diraih oleh Ananda Raden Qanita Nada Syakim dari SDIT Sekolah Alam Garut

 

Jenjang 3 (Kelas 5 dan 6 SD)

Juara 1 diraih oleh Ananda Keysha Azzizah Nugraha dari SDIT Al-Fath

Juara 2 diraih oleh Ananda Azka Azzahra dari SDIT Al-Fath

Juara 3 diraih oleh Ananda Oris Cellia Kartika dari SDIT Al-Fath

  1. Lomba Mewarnai

Juara 1 diraih oleh Ananda Muhammad Lesmana Fahruroji dari TKIT Al-Fath

Juara 2 diraih oleh Ananda Salwa Azizah Putri dari RA PERSIS 171

Juara 3 diraih oleh Ananda Silvia Putri Andini dari RA Asysyafiiyyah

  1. Lomba Poster Manual

Juara 1 diraih oleh Ananda Cika Arnelita dari SMPN 1 Cikajang

Juara 2 diraih oleh Ananda Marwah Rizki Fauziah dari MTS Darussalam Garut

Juara 3 diraih oleh Ananda Yusi Azkia dari SMPN 2 Cisurupan

  1. Olimpiade IPA

Juara 1 diraih oleh Ananda Muhammad Syabil Ghoizan dari SMP IT Wasilah Intelegensia

Juara 2 diraih oleh Ananda Gresli Dewi dari SMPN 1 Cikajang

Juara 3 diraih oleh Ananda Syalva Nurfazariyah dari SMPIT AL-Fath

  1. Olimpiade IPS

Juara 1 diraih oleh Ananda Lia Amelia dari SMP Tarbiyatul Aulad 2 Ngamplang

Juara 2 diraih oleh Ananda Bilqis Malika Prada Putri dari SMPN 2 Garut

Juara 3 diraih oleh Ananda Keiza Nur Rahmadani dari SMPN Plus Nurul Muttaqiin

  1. Olimpiade Matematika

Juara 1 diraih oleh Ananda Almeitsa Putra Khaila Sidik dari SMPN 2 Garut

Juara 2 diraih oleh Ananda Cheska Radhitya Ridwan dari SMPN 2 Garut

Juara 3 diraih oleh Ananda Ilmira Putri Khaerun Nisa dari MTS Cikajang

  1. Lomba Baca Puisi

Juara 1 diraih oleh Ananda Muhammad Fayyadh Ghaitsan Al Anshori dari SMPIT Situwangi

Juara 2 diraih oleh Ananda Siti Nuradawiyah dari SMPN 1 Cisurupan

Juara 3 diraih oleh Ananda Nova Novianti dari SMPN 1 Cisurupan

  1. Lomba Story Telling

Juara 1 diraih Ananda Agni Fadheela Putri Budiman dari SMP Plus Nurul Muttaqiin

Juara 2 diraih oleh Ananda Syahnaz Anindya Herawan dari SMPN 1 Cikajang

Juara 3 diraih oleh Ananda Reisya Dewi Nabila dari SMPN 2 Cikajang

  1. Lomba MTQ

Juara 1 diraih oleh Ananda Muhamad Ajmi’atul Atfal dari MTS Nurul Huda

Juara 2 diraih oleh Ananda Alfan M Fauzi dari SMPIT Al-Fath

Juara 3 diraih oleh Ananda Alif Cahya Mobarok dari MTS Cikajang

  1. Turnamen Futsal

Juara 1 diraih oleh tim Futsal dari SMPN 3 Bayongbong dengan nama para pemain:

  • Wildan Firmansyah

  • Zaenal Arif

  • Muhamad Viqri

  • Ervan Muhammad Putra

  • Tery Ramadan

  • Rian

  • Muhammad Gilham

  • Mugi Ihsab Gaida

  • Muhammad Abdalah

  • Randi Mulya Sidik

  • Muhammad Ikhsan

Juara 2 diraih oleh tim Futsal dari SMPIT Situwangi dengan nama para pemain:

  • Riki Subagja

  • Muhammad Fayyadh Ghaisan Al anshori

  • Adward Valent Chanda Putra

  • Fata Fajar Firdaus

  • Mochamad Rama Al aziz

  • Ahmadun Syamsa Ramadlana

  • Kemal Ismail Pasya

  • Muhammad Ridwan Pratama

  • M Hafidz At thoriq

  • Muhammad Dzikri Al farizi

  • Rakha Nadhif Rahman

  • Fajar Setiana

  • Farhan Faisal Fahrudin

  • Ahmad Saeful Millah

Juara 3 diraih oleh tim Futsal dari SMPN satu Samarang dengan nama para pemain:

  • Rafka Pratama Santosa

  • Muhammad Farhan

  • Albar Muhammad Sofwan

  • Muhamad Lucky

  • Mochamad Adrian Pamungkas

  • Revan Ramadhan

  • Muhammad Ridho Tri Putra

  • Moch Diaz Fahrul Rozi

  • Moch Fadlan

  • Dzikri Agustian

  • Eric Ardiansyah

Juara 1 Lomba Baca Puisi

Para pemenang dari SMPN 2 Garut

Juara 1 Olimpiade IPS dari SMP Tarbiyatul Aulad Ngamplang

Juara 1 lomba menggambar Jenjang 2 dari SDN Cibunar Tarogong Kaler

Juara 1 Olimpiade IPA dari SMP Alwasilah Intelegensia

Demikian kegatan Sixteen Challange (Gebyar Multi Event) yang telah dilaksanakan di SMAN 16 Garut dari tanggal 19-22 Desember 2022 yang mendapat sambutan meriah dari berbagai pihak. Tentunya ajang ini mendapatkan testimon dan apresiasi yang sangat positif dari para juara dan pembimbing. Mereka berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan di tahun mendatang dengan skup yang lebih besar lagi.

Dengan diadakan acara Sixteen Challenge ini semoga para siswa TK, SD, dan SMP dari berbagai sekolah bisa mengetahui bahwa pendidikan bisa disampaikan dengan cara yang menyenangkan, yakni dengan berbagi ilmu melalui berbagai lomba yang tidak hanya memberi kesan menyenangkan sesaat, tetapi diharapkan mampu memberikan dampak positif dalam jangka panjang. Begitu juga bagi para siswa SMAN 16 Garut mendapatkan pengalaman yang sangat berharga dari ajang lomba ini karena belajar bertangung jawab dan keberanian.

Akhir kata, kami atas nama kepala SMAN 16 Garut dan seluruh panitia mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta, pembimbing, dan orang tua peserta yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini. Semoga SMAN 16 Garut selalu berkibar Jaya, Jaya, Jaya.

Cisurupan, 29 Desember 2022

Tim Website Sekolah

 

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Resume Materi Bimtek Guru Belajar dan Berbagi Seri Pemimpin Merdeka Belajar

Oleh Isoh Solihah, M.Pd                                         Seri Pemimpin M

01/01/2023 20:57 - Oleh Isoh Solihah, M.Pd. - Dilihat 199 kali
Sixteen Challenge (Gebyar Multi Event)

oleh Sipa Setiapani SMA Negeri 16 Garut kembali mengadakan acara, setelah sebelumnya mengadakan acara Duta Literasi, Perayaan Sumpah Pemuda, dan Panen Karya P5. Kali ini SMA Negeri 16

01/12/2022 15:42 - Oleh Sipa Setiapani, S.S. - Dilihat 226 kali
Panen Karya dari Pasukan Hebat Bijak Sampah SMA Negeri 16 Garut (Implementasi Kurikulum Merdeka)

oleh Sipa Setiapani, S.S. Satu hal yang tidak bisa dipungkiri dan menjadi salah satu masalah di Indonesia adalah sampah. Dilansir dari databoks, produksi sampah di Indonesia menjadi ya

05/11/2022 09:57 - Oleh Sipa Setiapani, S.S. - Dilihat 309 kali
Sixteen Mapay Jalan Satapak

oleh Sipa Setiapani, S.S. Dalam rangka memperingati acara Sumpah Pemuda ke-94, SMA Negeri 16 Garut mengadakan kegiatan mapay jalan satapak bersama. Kegiatan yang dilaksanakan pada Sela

03/11/2022 09:35 - Oleh Sipa Setiapani, S.S. - Dilihat 97 kali
Peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke-94 di SMAN 16 Garut “Bersatu Bangun Bangsa”

Oleh  Isoh Solihah, M.Pd Bagi masyarakat Indonesia, 28 Oktober adalah hari bersejarah. Hari di mana lahirnya Sumpah Pemuda. Dalam sejarah peristiwa sumpah pemuda ini,  bisa d

02/11/2022 15:19 - Oleh Isoh Solihah, M.Pd. - Dilihat 170 kali
Duta Literasi? Membangun Generasi Berwawasan Luas dan Berkebinekaan Global

  Literasi adalah suatu kemampuan seseorang untuk menggunakan potensi dan keterampilan dalam mengolah dan memahami informasi saat melakukan aktivitas membaca, menulis, berbicara,

17/10/2022 10:14 - Oleh Sipa Setiapani, S.S. - Dilihat 128 kali
Pembentukan Pelajar yang Berkarakter, Berinovasi dan Berani Unggul (Berkibar) Melalui Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa kurikulum pembelajaran yang diterapkan saat ini adalah kurikulum Merdeka. Begitu pun di SMAN 16 Garut, yang telah berstatus sebagai sekolah penggerak

13/10/2022 08:04 - Oleh Isoh Solihah, M.Pd. - Dilihat 229 kali